informasi -kesehatan40

Minggu, 16 September 2007

PSM


GONORE

Gonore atau penyakit kencing nanah, menjadi penyakit kelamin tersering ditemui didalam dunia kedokteran. Ia mempunyai banyak nama yang digunakan oleh orang awam, yang malu kalau ketahuan telah berbuat salah dengan melakukan hubungan kelamin diluar pernikahan, seperti kencing nanah, raja singa, penyakit anak muda dan banyak lagi. Walaupun ia sudah terkemuka diantara penyakit kelamin lainnya, namun masih banyak pula kasus yang terjadi tanpa diketahui oleh penderitanya, terutama oleh wanita. Karena memang penyakit ini dapat berlangsung tanpa gejala, walaupun gejalanya tidak khas, ataupun tidak terpikirkan oleh penderita yang ketularan dari suami atau istrinya. Demikian populernya penyakit ini membuat banyak yang melakukan hubungan kelamin ini diluar pernikahan mencoba berobat sebelum timbulnya penyakit ini.

PENYEBAB

Penyakit ini disebabkan oleh kuman Neiseria Gonorrhoeae yang berbentuk seperti buah kopi berpasangan. Di alam, manusia satu-satunya makhluk yang menderita penyakit ini. Mungkin karena tidak ada pelacuran pada kelompok binatang. Kuman ini harus dipastikan dengan biakan, karena ada beberapa kuman yang mempunyai bentuk seperti ini, memang didalam praktek jarang di lakukan, karena ia diduga berhubungan kelamin sebelumnya dari pengakuan pasien sebelumnya. Ia terutama menginfeksi selaput lender manusia, yaitu alat kelamin, liang dubur, selaput lender mata, dan tenggorokan. Untuk tiap kali kontak, laki-laki mempunyai kemungkinan kira-kira 20 persen menderita penyakit ini. Dari wanita yang terinfeksi penyakit ini, sedangkan wanita mempunyai kesempatan 40 persen menderita penyakit ini dari laki-laki yang terinfeksi. Pada kontak kedua kalinya kemungkinan ini naik menjadi 75 persen.

GEJALA PENYAKIT

Biasanya penyakit inni menunjukkan gejalanya setelah 3 sampai 5 hari berkontak ke yang menderita penyakit ini. Penyakit ini ditularkan oleh pembawa kuman ini yang tanpa gejala atau tak mengetgahui adanya gejala penyakit ini. Tidak setiap orang menunjukkan gejala penyakit ini karena tergantung jenis kumannya dan factor yang berkontak dengannya. Umumnya dianggap laki-laki menderita gejala yang lebih berat dan hanya beberapa wanita yang menderita gejala penyakit ini.
Pada laki-laki umumnya penyakit ini ditandai oleh radang saluran keluar air seni dengan gejala nyeri sewaktu berkemih dan pengeluaran cairan putih dari saluran kemih ini. Namun pengeluaran cairan putih, atauoun yang kuning, yang kental atau yang encer bisa disebabkan oleh kuman lain, sehingga sifat cairan ini tidak memastikan penyakit ini.
Sekitar 50 sanpai 75 persen wanita yang terinfeksi tidak menunjukan gejala. Sedangkan yang menunjukkan gejala bisa menunjukkan gejala nyeri perut bagian bawah, keputihan dan kadang-kadang pendarahan yang tak normal dari rahim serta rasa tak nyaman pada liang dubur. Namun kesemua gejala ini pun tidak khas bagi gonore, ia bisa juga disebabkan oleh penyakit lain, sehingga perlu diperiksa dengan teliti.
Bagi yang melakukan hubungan kelamin dengan mulut, bisa terjadi ifeksi tenggorokan ataupun radang amandel. Sedangkan yang melakukan hubungan kelamin dengan liang dubur bisa menderita nyeri sewaktu buang air besar, perubahan kebiasaan buang air besar, nyeri di dubur ataupun adanya nanah, darah atau lender didalam tinja. Namun infeksi bisa juga terdapat akibat penularan dari infeksi bibir rahim, melalui nanah atau yang mengandung kuman ini. Seorang bayi yang dilahirkan bisa terinfeksi sewaktu melewati jalan lahir, yang melibatkan selaput lendir mata, tenggorokan, seluran pernapasan atau liang dubur. Ketelitian mata bisa menimbulkan kebnutaan karena rusaknya kornea, dan menjalarnya infeksi kedalam bola mata.
Sedangkan radang selaput l;endir mata pada orang dewasa terjadi melalui jari tangannya tercemar nanah secara tak sengaja. Hal yang sama bisa juga terjadi pada anak-anak dari tangan pengasuhnya.

KOMPLIKASI

Radang saluran kemih bagian bawah bisa dikomplikasi radang saluran kelamin lainnya seperti, radang saluran sperma (epididimitis), kelenjar prosta, kelenjar periuretra, pembesaran kelenjar getah bening dilipatan paha dan penyempitan saluran kemih. Namun komplikasi pada laki-laki telah menurun belakangan ini karena laki-laki yang menderita gejala penyakit ini segera mancari pengobatannya. Pemakaian obat yang sembarangan sering manunda mulai timbulnya penyakit ini bahwa bisa memberikan gejala yang tidak khas.

PENGOBATAN

Obat yang dianjurkan meliputi penisilin, ampisilin, amoksilin, tetrasiklin hidroklorida atau[pun spektinomisilin. Disamping mengobati penyakit gonore, penderita ini juga harus diperiksa bagi kemungkinan menderita penyakit sifilis, yang menimbulkan penyakit yang lebih serius. Namun karena seringnya pemakaian obat yang sembarangan sering ditemukan kuman yang resisten terhadap obat. Disamping mengobati penyakit gonore, penderita ini juga harus diperiksa bagi kemungkinan menderita penyaklit sipilis yang menimbulkan penyakit yang lebih serius dan lebih ditakuti. Biasanya dianjurkan pemeriksaan ulang 6 minggu setelah pengobatan karena sekitar 15 persen akan terinfeksi lagi, dan mungkin karena kekambuhan. Kadang-kadang ada gejala pada tulang dubur yang bisa mereda tanpa pengobatan, namun penderitanya menjadi penular penyakit ini.
Sampai sekarang belum tersedia vaksin untuk penyakit ini, dan juga diragukan adanya kekebalan setelah terinfeksi penyakit ini. Penggunaan kondom bisa mwencegah penyakit ini namun tidak menjamin penyakit kelamin lainnya.

0 Komentar:

Posting Komentar

komentar anda akan saya hargai sekali

Berlangganan Posting Komentar [Atom]



<< Beranda


Add to Technorati Favorites
Search Engine Optimisation
Search Engine Optimisation
Free Shoutbox Technology Pioneer The current mood of nugroho_hari2003 at www.imood.com